Jumat, 10 April 2015

JAMBU MADU DELIMA HIJAU ( MDH )

sumber foto Google


Indonesia memiliki varietas jambu air unggulan kualitas super, yaitu Jambu Madu Deli Hijau (MDH) asal Langkat Sumatera Utara. Tanaman jambu yang dapat tumbuh di berbagai ketinggian wilayah ini memiliki ukuran yang berbeda dari jenis jambu air tropis lainnya.
Jambu MDH merupakan buah asli daerah Langkat, Binjai Sumatera Utara. Keunggulan jambu ini adalah rasanya yang sangat manis, bertekstur renyah, berukuran lebih besar dan bisa dipanen sepanjang tahun. Jambu jenis ini masih sangat potensial untuk dikembangkan sebab jumlah petani pembibit maupun pembesaran boleh dibilang masih sangat sedikit, tidak sebanding dengan permintaan setiap hari yang sangat tinggi.

  HARGA BIBIT 40.000
 Di Kota Medan saja, permintaan setiap hari tidak kurang dari satu ton.
Masa panen Jambu Madu Deli lebih cepat dan bisa berbuah sepanjang tahun. Berat masing-masing buah bisa mencapai 150gram hingga 200gram, memiliki daging buah yang tebal dan renyah. Keistimewaan Jambu Madu Deli dari mulai keluar bunga sampai berbuah dan siap panen tanaman hanya membutuhkan waktu tiga bulan dan setelah berbuah pohon akan cepat berbunga kembali. Ciri buah yang sudah masak ialah berwarna kemerahan semu pada bagian luar buah, berbintik dan memiliki rasa yang manis antara 8-9 brik. Rasa manis pada Jambu Madu Deli berasal dari fluktosa yang dihasilkan. Perbedaan mencolok Jambu Madu Deli dari jenis jambu lain ialah tak memiliki biji dan kaya akan kandungan vitamin. Harga Jambu MDH di pasaran saat ini cukup fantastis: Grade A Rp 50 ribu/kg, grade B Rp 35 ribu/kg 


 // sumber foto Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar